About

Blog ini berisikan info tentang pekan riset dan ilmiah mahasiswa tingkat nasional dari PRISMA FP - UB dalam tahun kedua menyelenggarakan lomba LKTI tingkat Nasional

Sabtu, 04 Agustus 2012

PEKAN RISET DAN ILMIAH MAHASISWA (PRISMA 2) - LOMBA LKTI TINGKAT NASIONAL



PEKAN  RISET DAN ILMIAH MAHASISWA (PRISMA) 2
-->

Pendahuluan
Indonesia merupakan salah satu negara yang membentang di antara dua kawasan biogeografis – Indomelayu dan Australia yang mendukung berbagai jenis kehidupan flora dan fauna dalam hutan basah, kawasan pesisir laut serta hutan yang begitu luas. Potensi besar ini perlu dikembangkan secara optimal sehingga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduk di Indonesia. Dengan berbagai potensi alam baik daratan maupun lautan yang ada serta teknologi yang semakin berkembang, tentunya dapat menjadikan Indonesia kearah yang lebih baik. Selain itu kekayaan hutan yang berlimpah di Indonesia juga dapat membantu dalam proses pemulihan sekaligus berperan aktif dalam mengurangi  masalah global yang telah terjadi beberapa tahun lalu. Dengan adanya optimalisasi potensi tersebut Indonesia juga dapat meminimalisir kerusakan hutan (Deforasti), mengingat beberapa tahun ini  Indonesia merupakan negara terbesar tingkat kerusakan hutannya. Tidak hanya itu, upaya pengoptimalan potensi alam juga menjadikan keseimbangan alam dan keselarasan lingkungan baik di Indonesia dan dunia.
Akan tetapi dewasa ini perubahan lingkungan sangat terlihat jelas serta keselarasan alam yang tidak berimbang sehingga memberikan pengaruh di berbagai bidang lain. Sebagai Negara Kepulauan dengan penduduk yang cukup besar dan meningkat setiap tahunnya, Indonesia dihadapkan pada berbagai masalah lingkungan yang diakibatkan oleh tindakan setiap penduduknya. Beberapa tindakan tersebut diperlukan dalam pemenuhan hidup namun dalam proses pelaksanaannya kurang bijaksana. Beberapa tindakan tersebut diantaranya ialah pengalihan lahan yang kurang arif, proses kegiatan industri yang menghasilkan limbah di lingkungan tanpa adanya tindak lanjut, akses air bersih yang sulit di musim kemarau, pemanfaatan lingkungan yang belum lestari dan belum mensejahterakan masyarakat serta juga penggunaan teknologi yang kurang tepat.
Beberapa tindakan telah dilakukan oleh banyak pihak untuk menjawab tantangan dalam perbaikan lingkungan. Karena kenyataan yang terjadi pada saat ini akibat berbagai tindakan yang kurang bijaksana tersebut dapat merugikan baik secara ekologi, ekonomi, bahkan sosial.  Mahasiswa sebagai salah satu aset yang dimiliki oleh Indonesia diharapkan juga mampu memberikan sumbangsih berupa pemikiran atau ide-ide sehingga dapat menyelesaikan permasalahan di bidang lingkungan. Untuk menfasilitasi hal tersebut, UKM Pusat Riset dan Kajian Ilmiah Mahasiswa (PRISMA) FP UB mengajak seuruh seluh mahasiswa Indonesia untuk berpastisipasi di kompetisi kepenulisan Pekan Riset dan Ilmiah Mahasiswa (PRISMA) 2. Peserta menuangkan gagasan dalam bentuk abstrak yang akan diseleksi tim juri. Seleksi dilakukan berdasarkan kesesuaian tema, penulisan, isi, dan landasan ilmiah. Selanjutnya abstrak terpilih dikembangkan menjadi karya tulis ilmiah dengan rincian 15 karya tulis akan dipresentasikan dalam acara Grand Final PRISMA 2.

Nama Kegiatan : PRISMA (PEKAN RISET DAN ILMIAH MAHASISWA) 2

Tema Penulisan:
“Spill Out Your Environment Idea For Better Nation”

Sub Tema Penulisan:
1. Optimalisasi Pemberdayaan Kearifan Lokal sebagai Upaya Pelesterian Lingkungan
2. Peran Teknologi Tepat Guna dalam Menghadapi Perubahan Lingkungan
3. Tinjauan Kritis (Sosial Politik) Pembangunan Nasional Berbasis Lingkungan

Syarat Peserta
1. Peserta merupakan mahasiswa aktif program S1 atau D3 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
2.  Peserta berkelompok maksimal 3 orang dengan minimal dua angkatan berbeda.
3. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya (maksimal 2) dengan ketentuan hanya diperbolehkan berada pada posisi penulis utama di satu tim.
4.  Setiap tim dapat berasal dari berasal dari program studi yang berbeda tetapi masih dalam perguruan tinggi yang sama.

Prosedur Pendaftaran
1. Setiap tim mengumpulkan gagasan awal dalam bentuk abstrak sebanyak 250 s.d. 500 kata. Batas akhir pengumpulan abstrak dan formulir pendaftaran 15 September 2012. Bagi tim yang lolos seleksi abstrak, akan diberi kesempatan untuk mengembangkan abstraknya menjadi karya tulis ilmiah.
2. Bagi tim yang telah dinyatakan lolos seleksi abstrak, wajib mengirimkan karya tulis ilmiah lengkap dan melakukan registrasi pembayaran dimulai tanggal 23 September – 13 Oktober 2012. Biaya registrasi sebesar Rp 80.000,00 melalui Bank BRI cabang Malang dengan No. Rekening 0051 01 091976 atas nama Yanik.
3. Setelah melakukan registrasi pembayaran, dimohon peserta mengkonfirmasi lewat sms ke no 085233814227 a.n Yanik. Format Konfirmasi : PRISMA 2-Nama Universitas-Nama Penyetor-Nama Ketua.
Contoh : PRISMA 2-UB-Ike Novitasari-RahayuWinarti
4.   Fotokopi bukti pembayaran dapat dilampirkan dalam pengiriman berkas karya tulis.

Kompetisi
1.      Seleksi Abstrak : 10 Agustus -15 September 2012
2.      Seleksi KaryaTulis ( bagi yang lolos seleksi abstrak ) : 23 September – 13 Oktober 2012
3.      Presentasi karya tulis ( bagi yang lolos ke Final ) : 9 -11 November 2012

Tanggal Penting
No.
Kegiatan
Tanggal
1.
Batas Akhir Pengumpulan Abstrak
15 September 2012
2.
Seleksi Abstrak
16 – 21 September 2012
3.
Pengumuman Seleksi Abstrak
22 September 2012
4.
Pengiriman Karya Lengkap
23 September – 13 Oktober 2012
5.
Pengumuman Finalis
24 Oktober 2012
6.
Grand Final PRISMA 2
9-11 Nopember 2012


Hadiah

Juara I              : Trofi, Piagam dan Rp 3.000.000,00

Juara II              : Trofi, Piagam dan Rp 2.500.000,00

Juara III            : Trofi, Piagam dan Rp 2.000.000,00

Juara Harapan I : Trofi, Piagam dan Rp 1.500.000,00

Juara Harapan II: Trofi, Piagam dan Rp 1.000.000,00

CP        :  Mahindra  (085645724245)
               David       (085736833429)

7 komentar:

  1. Semoga sukses sob.
    Infonya sdh terpublish di http://www.info-lomba.com/2012/08/pekan-riset-dan-ilmiah-mahasiswa-prisma.html ada pamflet kah?
    Spy bs qt tambahkan

    BalasHapus
  2. ada pamflet yang baru,, akan segera kami kirim. trima kasihh

    BalasHapus
  3. keren nih lomba nya
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,, maka dari itu mari ikuti lomba ini. kasih tau teman teman yang ingin berpartisipasi untuk mengikuti PRISMA 2 ini,,
      salam kenal

      Hapus
  4. semoga sukses UB.
    Salam kenal, Salam Pertanian

    BalasHapus
  5. wah temanya menarik .... smg dr lomba ini mnghasilkan karya-karya yang membangun negeri :)

    succes 4 UniBraw...

    BalasHapus
  6. Terimakasih banyak kepada suluruh panitia pelaksana PRISMA 2 atas sambutan dan fasilitasnya. Dengan kerja keras panitia, akhirnya acara PRISMA 2 dpt berjalan lancar. n_n

    Selamat bagi para juara, semoga karya-karya kita dapat berguna bagi bangsa. ^^

    Oh iya, mau tanya untuk daftar penilaian KTI PRISMA 2nya kok belum di posting ya.... hehe ^^ Kami tunggu lho, buat evaluasi kami...
    Sukron, Jazakumulah khoiron katsir ^^

    BalasHapus